Minggu, 14 September 2014

Promotion Mix

Dunia desain grafis sangatlah luas. Setiap hari kita bertemu dengan yang namanya promosi. Entah itu di jalan, supermarket bahkan mall. Promosi merupakan kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Dimana tujuan dari promosi itu ada banyak, diantaranya mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk dalam jumlah besar,serta meningkatkan konsumen akan manfaat produk dan mempertahankan merek produk perusahaan. Yang mana sasaran promosi adalah seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk .
Bagi perusahaan yang menginginkan agar produknya habis terjual sudah tentu harus menggunakan strategi pemasaran yang baik. Strategi yang digunakan oleh perusahaan seperti perencanaan produk, penentuan harga dan saluran distribusi kurang berarti tanpa didukung dengan usaha mempromosikan produk hingga ke tangan konsumen. Masalah semakin ketatnya persaingan di antara para pengusaha dalam memperebutkan pasar yang sama sedikit banyaknya turut memegang peranan terhadap pemakaian sarana promosi secara meluas pada setiap perusahaan.
Bentuk promosi yang paling efektif sekarang adalah bauran promosi. Dikenal istilah Promotional Mix atau Marketing communications mix, termasuk disini adalah personal selling dan nonpersonal selling (advertising, sales promotion, public relations, and direct marketing). Dimana pada artikel kali ini saya akan menjelaskan dengan singkat bauran promosi atau promotion mix.
Sales Promotion
Sales promotion merupakan segala kegiatan pemasaran, gunanya untuk merangsang pembelian barang perusahaan. Alat-alatnya diantara lain : sampel atau contoh, voucher, paket harga, promosi dagang, pameran dagang dll.

Personal Selling
Personal selling adalah suatu bentuk penyajian barang secara lisan dan bertatap muka dengan calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan terjual. Kegiatan ini tidak hanya terjadi di tempat pembeli saja melainkan di tempat penjual juga.
Contohnya: Penjualan rokok dalam sebuah event menggunakan SPG.

Advertising / Iklan
Advertensi disebut juga periklanan. Ada banyak media yang digunakan perusahaan untuk melaksanakan advertensi yaitu antara lain Radio, televisi, surat kabar, majalah umum dan majalah khusus. Tujuannya antara lain untuk memberikan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan.
Contohnya: Iklan pocari sweat yang diputar terus menerus dan bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat mengenai produknya bahwa pocari sweat selalu dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh setelah beraktifitas.

Publicity
Publicity atau sering dikenal dengan sebutan Public Relation berisi tentang sesuatu berita yang baik maupun buruk. Publicity atau PR bertanggung jawab tentang pencitraan sebuah perusahaan.
Alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan publicity: Jumpa pers (press relation), Publisitas produk (produck publicity), Komunikasi perusahaan (corporate communiction), Pendekatan (lobbying), Bimbingan (conselling).
Contohnya: Bakti sosial yang diadakan oleh pabrik “P”. Dengan mempublishnya ke masyarakat kegiatan tersebut otomatis membuat pencitraan pabrik “P” akan baik di mata masyarakat.

Direct Marketing
Direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi. Atau singkatnya Direct Marketing merupakan komunikasi langsung perusahaan dengan target pasar untuk melihat respon yang terjadi melalui non personal tool, seperti : (mail, telephone, fax, dan email). Online shop juga termasuk ke dalam direct marketing.
Contohnya: Perusahaan produk oriflame menggunakan katalog sebagai alat promosi dalam penjualan produknya.

Jadi kesimpulannya promotion mix merupakan hal penting kedua setelah marketing mix. Karna tanpa promotion mix produk yang kita buat tidak akan laku terjual habis jika tanpa dilakukan yang namanya promosi. Dimana promotion mix ini terdiri dari 5 komponen, yaitu Sales promotion, Personal selling, Publicity/PR, Advertising dan Direct Marketing.

1 komentar:

  1. Sbobet - Best Bookmaker for Live Betting in Asia
    Sbobet is one of 우리카지노 the best betting brands in Asia and has already made waves in the 메리트카지노 Asian market. Online betting, a place where you sbobet ทางเข้า can bet on football,

    BalasHapus